Nama 100 Kurawa
Kurawa atau biasa disebut Korawa atau Kaurawa merupakan istilah dalam bahasa sansekerta yang artinya keturunan dari raja Kuru.
Dalam Wiracarita Mahabharata, Kurawa merupakan tokoh-tokoh Antagonis yang menjadi musuh bebuyutan dari para Pandawa Lima.
Jika ada orang yang sudah tahu apa itu Kurawa, pasti mereka tahu kalu Kurawa adalah keturunan dari raja Derastrata yang berjumlah seratus orang dan menjadi musuh dari Pandawa. Berikut adalah definisi dari Kurawa, agar lebih mengetahui lagi apa itu Kurawa.
Kurawa atau Korawa dalam cerita Mahabharata mempunyai dua definisi, yaitu:
Dalam Wiracarita Mahabharata, Kurawa merupakan tokoh-tokoh Antagonis yang menjadi musuh bebuyutan dari para Pandawa Lima.
Jika ada orang yang sudah tahu apa itu Kurawa, pasti mereka tahu kalu Kurawa adalah keturunan dari raja Derastrata yang berjumlah seratus orang dan menjadi musuh dari Pandawa. Berikut adalah definisi dari Kurawa, agar lebih mengetahui lagi apa itu Kurawa.
Kurawa atau Korawa dalam cerita Mahabharata mempunyai dua definisi, yaitu:
Dalam Arti Luas,Kurawa berarti seluruh keturunan dari Kuru. Kuru adalah nama dari seorang maharaja keturunan dari Bharata, dan nantinya akan menurunkan tokoh-tokoh besar dalam cerita Mahabharata.
Dalam pengertian ini, Pandawa Lima termasuk juga di dalam korawa dan kadang disebut begitu dalam Mahabharata, khususnya dibeberapa bagian awal.
Dalam Arti Sempit,Kurawa hanya merujuk pada garis keturunan raja Kuru yang lebih tua. Istilah hanya untuk anak-anak dari raja Dretarastra. Dretarastra adalah anak sulung dari Wicitrawirya yang merupakan keturunan dari raja Kuru. Raja Derastrata adalah yang berhak menjadi raja menurut urutan kelahiran (dia anak pertama), namun karena ia buta, sehingga akhirnya diganti oleh adiknya yang bernama raja Pandu (Ayah Pandawa). Dalam Istilah sempit ini, tidak mencakup Pandawa yang merupakan anak-anak Pandu.
Kisah Kelahiran Para Kurawa Dalam cerita Mahabharata, dikisahkan bahwasanya istri prabu Dretarastra yang bernama Gandar sangat menginginkan untuk memiliki putra. Lalu dia memohon kepada seorang pertapa sakti yang bernama Byasa, dan diapun mengabulkan doa Gendari.
Gendari pun hamil, tetapi setelah sekian lama mengandung, sang putra yang diharapkan belum juga lahir. Dia pun cemburu kepada Dewi Kunti yang sudah memberikan raja Pandu tiga orang putra (Yudistira, Bima dan Arjuna).
Gendari yang frustasi, lalu memukul mukul perutnya. Setelah Gendari melewati masa persalinan, yang lahir bukanlah seorang putra namun hanya segumpal daging yang bercampur dengan darah kental dan berwarna merah kehitam-hitaman.
Gendari pun hamil, tetapi setelah sekian lama mengandung, sang putra yang diharapkan belum juga lahir. Dia pun cemburu kepada Dewi Kunti yang sudah memberikan raja Pandu tiga orang putra (Yudistira, Bima dan Arjuna).
Gendari yang frustasi, lalu memukul mukul perutnya. Setelah Gendari melewati masa persalinan, yang lahir bukanlah seorang putra namun hanya segumpal daging yang bercampur dengan darah kental dan berwarna merah kehitam-hitaman.
Byasa kemudian memotong-motong segumpal daging tadi menjadi seratus bagian yang tidak sama persis semuanya (ada yang besar dan ada yang kecil) dan memasukkannya ke dalam guci. Guci yang berisi potongan daging tadi kemudian ditanam di dalam tanah selama satu tahun.
Setelah menunggu selama satu tahun, guci tadi diangkat lalu dibuka dan dari dalam setiap guci yang ditanam muncullah 99 bayi laki-laki & 1 Perempuan.
Bayi yang pertama muncul ialah Duryudana lalu disusul oleh Dursasana, lalu disusul oleh saudara-saudaranya yang lain hingga seratus orang.
Setelah menunggu selama satu tahun, guci tadi diangkat lalu dibuka dan dari dalam setiap guci yang ditanam muncullah 99 bayi laki-laki & 1 Perempuan.
Bayi yang pertama muncul ialah Duryudana lalu disusul oleh Dursasana, lalu disusul oleh saudara-saudaranya yang lain hingga seratus orang.
Nama-nama Tokoh Kurawa
Ke- | Kurawa Versi Indonesia | Kurawa Versi India |
1 | Duryodana (Suyodana) | Duryodana |
2 | Dursasana (Duhsasana) | Dursasana |
3 | Abaswa | Dursaha |
4 | Adityaketu | Dursala |
5 | Alobha | Jalaganda |
6 | Anadhresya (Hanyadresya) | Sama |
7 | Anudhara (Hanudhara) | Saha |
8 | Anuradha | Winda |
9 | Anuwinda (Anuwenda) | Anuwinda |
10 | Aparajita | Durdarsa |
11 | Aswaketu | Subahu |
12 | Bahwasi (Balaki) | Duspradarsa |
13 | Balawardana | Durmarsana |
14 | Bhagadatta (Bogadenta) | Durmuka |
15 | Bima | Duskarna |
16 | Bimabala | Karna |
17 | Bimadewa | Wikarna |
18 | Bimarata (Bimaratha) | Sala |
19 | Carucitra | Satwa |
20 | Citradharma | Sulocana |
21 | Citrakala | Citra |
22 | Citraksa | Upacitra |
23 | Citrakunda | Citraksa |
24 | Citralaksya | Carucitra |
25 | Citrangga | Sarasana |
26 | Citrasanda | Durmada |
27 | Citrasraya | Durwigaha |
28 | Citrawarman | Wiwitsu |
29 | Dharpasandha | Wikatinanda |
30 | Dhreksetra | Urnanaba |
31 | Dirgaroma | Sunaba |
32 | Dirghabahu | Nanda |
33 | Dirghacitra | Upananda |
34 | Dredhahasta | Citrabana |
35 | Dredhawarman | Citrawarma |
36 | Dredhayuda | Suwarma |
37 | Dretapara | Durwimoca |
38 | Duhpradharsana | Ayobahu |
39 | Duhsa | Mahabahu |
40 | Duhsah | Citrangga |
41 | Durbalaki | Citrakundala |
42 | Durbharata | Bimawiga |
43 | Durdharsa | Bimabela |
44 | Durmada | Walaki |
45 | Durmarsana | Belawardana |
46 | Durmukha | Ugrayuda |
47 | Durwimocana | Susena |
48 | Duskarna | Kundadara |
49 | Dusparajaya | Mahodara |
50 | Duspramana | Citrayuda |
51 | Hayabahu | Nisanggi |
52 | Jalasandha | Pasa |
53 | Jarasanda | Wrendaraka |
54 | Jayawikata | Dredawarma |
55 | Kanakadhwaja | Dredaksatra |
56 | Kanakayu | Somakirti |
57 | Karna | Antudara |
58 | Kawacin | Dredasanda |
59 | Krat | Jarasanda |
60 | Kundabhedi | Satyasanda |
61 | Kundadhara | Sadasuwaka |
62 | Mahabahu | Ugrasrawa |
63 | Mahacitra | Ugrasena |
64 | Nandaka | Senani |
65 | Pandikunda | Dusparaja |
66 | Prabhata | Aparajita |
67 | Pramathi | Kundase |
68 | Rodrakarma (Rudrakarman) | Wisalaksa |
69 | Sala | Duradara |
70 | Sama | Dredahasta |
71 | Satwa | Suhasta |
72 | Satyasanda | Watawiga |
73 | Senani | Suwarca |
74 | Sokarti | Adityaketu |
75 | Subahu | Bahwasa |
76 | Sudatra | Nagadata |
77 | Suddha (Korawa) | Ugrasai |
78 | Sugrama | Kawaci |
79 | Suhasta | Kradana |
80 | Sukasananda | Kundi |
81 | Sulokacitra | Bimawikra |
82 | Surasakti | Danurdara |
83 | Tandasraya | Wirabahu |
84 | Ugra | Alolupa |
85 | Ugrasena | Abaya |
86 | Ugrasrayi | Dredakarma |
87 | Ugrayudha | Dredaratasraya |
88 | Upacitra | Anadrusya |
89 | Upanandaka | Kundabedi |
90 | Urnanaba | Wirawi |
91 | Wedha | Citrakundala |
92 | Wicitrihatana | Pramada |
93 | Wikala | Amapramadi |
94 | Wikatanana | Dirgaroma |
95 | Winda | Suwirya |
96 | Wirabahu | Dirgabahu |
97 | Wirada | Sujata |
98 | Wisakti | Kencanadwaja |
99 | Wiwitsu (Yuyutsu) | Kundasi |
100 | Wyudoru (Wiyudarus) | Wirajasa |
Para Kurawa adalah musuh dari Pandawa Lima, yang berarti mereka adalah golongan orang mempunyai sifat-sifat yang tidak baik.
Memang mayoritas dari para Kurawa memiliki sifat yang tidak baik dan tidak pantas dicontoh, tapi ada juga beberapa yang memiliki sifat “sedikit baik”, bahkan diceritakan ada juga anggota kurawa yang berpihak kepada para Pandawa.
Anak tertua dan pemimpin dari anggota Kurawa adalah Duryudana. Duryudana dan Dursasana adalah anggota Kurawa yang paling terkenal jika dibandingkan dengan anggota yang lain. Hal ini karena mereka berdua adalah tokoh-tokoh terkuat dan juga mempunyai watak paling tidak baik di Kurawa. Jadi, bisa dikatakan karakter semua Kurawa adalah sama persis dengan Duryudana dan Dursasana (meskipun ada beberapa yang memihak Pendowo)
No comments:
Post a Comment